Iklan Perusahaan Susu di Korea Selatan Banjir Kritik karena Rendahkan Wanita

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seoul Milk, perusahaan produksi susu terbesar di Korea Selatan, sedang banjir kritik setelah merilis iklan yang menggambarkan wanita sebagai sapi. Di tengah meningginya kritik, iklan terkait kemudian dihapus dari YouTube.

Pada 29 November, Seoul Milk mengunggah video iklan di kanal YouTube resmi mereka dengan judul "Identitas yang tersembunyi di balik selubung...Susu Organik Seoul". Selain itu, di deskripsi video, perusahaan tersebut menyatakan akan memberikan hadiah kepada siapapun yang menuliskan komen review melalui sistem lotere.

Namun, iklan ini menuai kontroversi. Iklan tersebut dimulai dengan seorang pria penjelajah yang memegang kamera sedang berjalan di hutan dengan narasi "Kami akhirnya berhasil mengabadikan mereka di kamera di tempat yang masih alami di mana alamnya tetap terjaga kemurniannya."

Setelah itu, sekelompok wanita yang mengenakan pakaian serba putih terlihat sedang meminum air yang mengalir dari daun dan sedang olahraga di alam bebas.

Narasi terus menjelaskan, "Mereka minum air bersih dari alam murni, bersikeras pada diet organik ramah lingkungan, dan hidup damai di lingkungan yang menyenangkan. Saya akan mencoba mendekati mereka dengan hati-hati..."

Pria itu kemudian tanpa sengaja menginjak sebuah ranting ketika akan mengambil foto mengenai wanita-wanita ini secara diam-diam. Ketika mereka mendengar suara ranting tersebut, mereka menoleh ke pria itu, dan para wanita kemudian berubah menjadi sapi.

Video itu berakhir dengan narasi, "Air bersih, pakan organik, 100% Susu Seoul murni. Susu organik dari peternakan organik di alam Cheongjang yang menyenangkan."

Setelah video tersebut dirilis, media sosial kemudian menyebarkannya berkali-kali dan mendapatkan kritik besar-besaran oleh netizen Korea.

Banyak wanita yang mengatakan, selain merendahkan wanita dengan membandingkan mereka dengan sapi, iklan ini juga seperti memberi justifikasi pria-pria yang mengambil foto dan video mereka secara diam-diam, sebuah masalah besar yang sedang dihadapi oleh wanita-wanita Korea selatan.

Kamera tersembunyi banyak terpasang di tempat-tempat umum, seperti toilet, taman, dan bahkan kamar hotel di Korea. Rekaman tersembunyi ini menargetkan wanita-wanita di Korea Selatan yang tidak sadar mereka sedang direkam.

Berikut adalah video iklan dari Seoul Milk: